BMH Dukung Kemandirian eks ODGJ Dengan Bantuan Ekonomi

Baitul Maal Hidayatullah kian memantapkan diri untuk merealisasikan program program kemanfaatanya bagi umat dengan program khusus untuk kemandirian eks Orang Dengan Ganguan Jiwa atau biasa di sebut ODGJ di Malang.


Kemandirian ODGJ ini perlu mengingat data dari Rumah Sakit Jiwa Lawang ada 3.200 orang di Kabupaten Malang yang termasuk ODGJ ini yang perlu ditangani oleh berbagai pihak baik pemerintah maupun korporasi bahkan lembaga zakat yang benar benar tepat sasaran.

Penanganan mulai pasca masa pemasungan, saat di rawat dan pasca perawatan di RSJ Lawang hingga kontrol kesehatan rutin bulanan bahkan pemberdayaan kemandirianya adalah tanggung jawab kita sebagai sesama insan yang berkemanusiaan.

Pandangan keluarga dan masyarakat harus kita tumbuhkan untuk semakin positif terhadap pasien gangguan jiwa yang ingin kembali kejalan yang benar dengan kerjasama berbagai pihak.

Saat ini upaya bebas pasung telah dilaksanakan dengan baik, 75 orang diantaranya BMH berbagi peran dalam permasalahan pengentasan dari Pasung di Kabupaten Malang.

Melalui informasi ini BMH mengajak anda KELUARGA BMH berpartisipasi dalam event Berbagi Kebaikan untuk Kemandirian Eks ODGJ yang akan kita berikan pelatihan ekonomi produktif dan pemberian mesin alat produksi keset untuk POSYANDU JIWA Dau Kabupaten Malang.

Mengapa dipilih alat produksi keset untuk teman teman eks ODGJ ini ?
ya Orang Dengan Gangguan Jiwa ini kondisinya ada yang masih lemah secara fisik, dipilih alat produksi keset ini yang ringan dan simpel serta mudah mengoperasionalkanya hingga jadi sebuah keset.

Alasan kedua adalah bahan baku untuk membuat keset adalah barang bekas, yaitu kaos, baju baju bekas, kain perca sisa pabrik bisa diolah limbahnya menjadi rangkaian keset kain yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Alasan berikutnya adalah penjualan yang mudah karena keset dibutuhkan semua orang, apalagi dimusim hujan, setiap ruangan membutuhkan keset untuk aman dari air, dan keset produksi eks ODGJ ini yang berbahan kain kaos mudah menyerap air.

Jangka panjang bantuan kemandirian ekonomi BMH untuk eks ODGJ ini tentunya juga akan berimbas bagi masyarakat sekitarnya dan terutama pihak keluarga akan merasakan perubahan fisik maupun psikis orang orang Dengan Ganguan Jiwa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *